Profesi Penjahit: 6 Tips Penting Cara Menjadi Penjahit dan Memilih Kursus Menjahit

profesi menjahit

Profesi Penjahit: 6 Tips Penting Cara Menjadi Penjahit dan Memilih Kursus Menjahit Suka menjahit dan memotong? Apakah Anda membuat pakaian asli yang dikagumi teman Anda? Berpikir tentang bekerja sebagai penjahit, tetapi tidak dapat memutuskan perubahan? Kami berbicara dengan pendiri studio dan belajar bagaimana menjadi penjahit, bagaimana belajar menjahit, bagaimana menemukan klien pertama Anda dan seluk-beluk lain dari profesi penjahit.

Di waktu luang Anda dari pekerjaan utama Anda, apakah Anda suka menjahit sesuatu dengan tangan Anda sendiri? Apakah Anda merasa bahwa menjahit bukan lagi sekadar cara untuk melepaskan diri dari rutinitas, tetapi panggilan Anda yang sebenarnya? Kami bertanya kepada pimpinan kursus potong dan jahit bagaimana menjadi penjahit dan berkembang dalam profesi ini.


DALAM ARTIKEL KAMI AKAN MEMBERI TAHU: 

Tidak membosankan tentang tugas dan keterampilan seorang penjahit 

Sebelum Anda mendaftar untuk kursus dan mulai belajar, Anda perlu memutuskan jenis kerajinan apa yang ingin Anda kuasai. Konsep "penjahit" dan "penjahit" sering disamakan satu sama lain. Padahal, ini adalah dua profesi yang berbeda. Ketua kursus menjahit Ekaterina Chikina dan  Olesya Matyash menjelaskan perbedaan konsep ini.

Bagaimana penjahit berbeda dari penjahit? 

Penjahit adalah pekerja terampil di industri pakaian, pabrik atau atelier. Tugas utamanya adalah menjahit satu atau lebih produk sesuai dengan peta teknologi yang disetujui (deskripsi urutan pekerjaan). Setiap penjahit memiliki spesialisasi: mulai dari menjahit pakaian rajut hingga produksi tas dan perakitan sepatu dari bagian jadi. Himpunan kompetensi inti untuk semua penjahit kira-kira sama.

Tugas profesional seorang penjahit meliputi: 

  1. menjahit produk dengan tangan atau dengan mesin khusus; 
  2. kontrol atas kesesuaian bahan dan aksesori dengan peta teknologi; 
  3. pengaturan tegangan benang dan frekuensi jahitan; kontrol atas ketertiban di tempat kerja; 
  4. penghapusan cacat kecil. 

Penjahit adalah seorang profesional dengan kualifikasi yang lebih tinggi daripada penjahit. Dia terlibat dalam penciptaan hal-hal "dari awal": dari ide dan gambar hingga pemasangan alat kelengkapan. Seorang penjahit sering bekerja di studio atau di rumah, daripada di toko jahit.

Jenis penjahit 

Ada banyak spesialis yang terlibat dalam menjahit: 
  • penjahit-pekerja rumahan; 
  • penjahit-minder; 
  • penjahit-pemotong.

Juga, penjahit yang bekerja di bagian produksi diberi salah satu dari empat kategori, tergantung pada peralatan yang mereka gunakan dan tugas yang mereka lakukan. Mereka semua bekerja secara berbeda. Seorang penjahit rumahan menjahit beberapa produk dari awal hingga akhir sesuai dengan peta teknologi (uraian urutan pekerjaan) dalam suasana kerja di rumah, tanpa pergi ke studio atau produksi. Tukang jahit bekerja di bengkel dan harus menjahit secepat mungkin. Paling sering, ia melakukan satu operasi menjahit pada lusinan produk: misalnya, menjahit kerah atau menjahit saku. 
Pemotong penjahit menerima pengukuran yang diambil oleh penjahit dari klien individu. Menurut mereka, dia hanya memotong produk dan mentransfernya ke penjahit lain untuk perakitan. 
Pemotong penjahit tidak melakukan operasi menjahit.

Alat apa yang dibutuhkan penjahit? 

Alat apa yang harus dimiliki setiap saluran pembuangan profesional? 
kami menyusun daftar terperinci: 
  • penggaris logam fleksibel 50 cm; 
  • penguasa melengkung universal; 
  • pensil mekanik, kelembutan B; 
  • penghapus lembut; 
  • lem stik; selotip; 
  • gulungan kertas kalkir; 
  • 2-3 lembar kertas gambar; 
  • gunting kertas; pita pengukur; 
  • pin tajam; 
  • tempat tidur jarum magnet; 
  • gelang untuk pin; 
  • jarum untuk kerajinan tangan; 
  • bidal; 
  • benang untuk kerajinan tangan; 
  • kapur penjahit; 
  • spidol kain; 
  • gunting kecil atau gunting; 
  • gunting pemotong; 
  • ripper; 
  • sepotong belacu kasar untuk setrika; 
  • belacu kasar atau rajutan untuk tata letak pertama; 
  • mesin jahit sederhana; 
  • jarum mesin jahit; 
  • papan setrika; 
  • besi.

Pelatihan seperti apa yang harus diambil sebagai penjahit? 

Jika Anda berencana untuk bekerja di pabrik garmen atau atelier, Anda mungkin memerlukan ijazah negara. Itu diberikan kepada mereka yang telah belajar menjahit di perguruan tinggi selama beberapa tahun. Opsi ini tidak cocok untuk semua orang, karena membutuhkan banyak waktu. Tidak setiap penjahit pemula dapat secara teratur menghadiri kelas di lembaga pendidikan selama empat tahun. Guru kursus menjahit mencatat bahwa hampir tidak mungkin untuk belajar menjahit dari awal menggunakan tutorial video di Internet. 

Mereka yang telah mempelajari dasar-dasar menjahit dan memiliki pemahaman yang benar tentang teknologi produksi produk dapat memisahkan bahan yang berguna dari bahan yang buta huruf. Dari video tersebut, Anda dapat memperoleh pengetahuan dasar tentang cara melakukan satu potong kecil atau operasi menjahit. Jika Anda ingin mendapatkan keterampilan praktis yang tepat dari awal, daftarlah untuk kursus menjahit. Pertama, kualitas informasi di sana akan jauh lebih tinggi. Kedua, penyelenggara kursus menjamin bantuan Anda di setiap tahap. Ketiga, di akhir kursus Anda akan menerima sertifikat yang menegaskan profesionalisme Anda.

Bagaimana memilih kursus pemotongan dan menjahit? 


Pilihan kursus menjahit harus didekati dengan hati-hati dan bertanggung jawab. Olesya Matyash merekomendasikan untuk memeriksa informasi yang ditemukan di Internet. Selalu membaca ulasan dan melihat foto-foto hasil karya siswa. Cobalah untuk membiasakan diri dengan beberapa portal. Tidak akan berlebihan untuk melihat jejaring sosial guru, mengajukan pertanyaan langsung kepada lulusan kursus yang Anda minati. Anda dapat memilih sendiri seorang guru hanya dalam hal pelatihan individu. Saat belajar dalam kelompok, kenalan dengan master terjadi pada pelajaran pertama. Anda dapat melihat terlebih dahulu informasi dan ulasan tentang guru yang mengadakan kursus. Informasi umum tentang guru diposting di situs web sekolah di domain publik. Anda juga berhak meminta konfirmasi kualifikasi dan pengalaman kurator Anda dari penyelenggara kursus. Harap dicatat bahwa guru harus mengerjakan sendiri program yang dia ajarkan di kursus. Saat memilih sekolah untuk memotong dan menjahit, jangan ragu untuk menghubungi perwakilannya melalui telepon. Jangan ragu untuk menanyakan semua pertanyaan Anda. Mintalah untuk mengarahkan Anda dalam layanan yang diberikan dan pilih program pelatihan yang tepat. Ekaterina Chikina tidak merekomendasikan mendaftar di kursus yang diposisikan sebagai "metode penulis yang unik." Belajar dari awal lebih baik menurut standar klasik. Situasi sebaliknya juga terjadi: guru terlalu konservatif dan telah mengikuti satu metodologi selama 30 tahun. Seperti dalam bisnis lain, di sini Anda perlu mencari "sarana emas". Jangan ragu untuk mendaftar pelajaran dengan seorang guru yang dapat secara kompeten menyajikan teknologi menjahit klasik dan secara aktif menerapkan teknik modern.


Cara mendapatkan pekerjaan sebagai penjahit 

Seorang penjahit dalam produksi dapat memperoleh dari Ratusan Juta hingga Ribuan Juta sebulan, tergantung pada kualifikasi dan pengalaman. Menguasai profesi ini tidak sesulit kelihatannya pada pandangan pertama. Belajar membutuhkan sedikit waktu, dan biaya kursus yang baik terjangkau. Setelah menyelesaikan kursus pelatihan, cobalah untuk mendapatkan pekerjaan di studio atau produksi menjahit. Anda harus mencari lowongan di portal yang memposting informasi langsung dari pemberi kerja. Misalnya, lebih dari 150 lowongan tersedia di situs web untuk kueri "penjahit". Rata-rata, di , seorang pekerja garmen menerima dari 35.000 hingga 45.000 rubel. Mendaftar di layanan rekrutmen sebagai spesialis dan mengharapkan klien. Permintaan untuk menjahit pakaian yang unik dan modis sekarang sangat besar tidak seperti sebelumnya - semua orang telah bosan dengan pasar massal dan kualitasnya.


Post a Comment

0 Comments