Profesi Penata Rambut: 6 Fakta Penting Tentang Profesi Penata Rambut yang Perlu Diketahui Pemula

penata rambut

Profesi Penata Rambut: 6 Fakta Penting Tentang Profesi Penata Rambut yang Perlu Diketahui Pemula
Bermimpi menjadi penata rambut dan menciptakan keindahan di sekitar Anda, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Bosan memotong pacar Anda dan ingin menghasilkan uang dengan melakukan apa yang Anda sukai? Apakah Anda takut sulit untuk memasuki profesi, dan pada awalnya Anda akan mendapat sedikit? Kami tahu bagaimana Anda bisa menjadi penata rambut yang dicari! Baca artikel untuk mempelajari rahasia profesi tata rambut!


Apakah Anda suka merawat rambut Anda? Apakah Anda melakukan gaya rambut tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk teman-teman Anda? Saatnya untuk pindah ke tingkat profesional dan menguasai profesi penata rambut!


DALAM ARTIKEL KAMI AKAN MEMBERI TAHU: 
Bagaimana cara kerja penata rambut? 
Tanggung jawab seorang penata rambut 
Pro dan kontra menjadi penata rambut 
gaji penata rambut 
Jenis penata rambut 
Alat penata rambut 
Munculnya penata rambut

Bagaimana cara kerja penata rambut? 


Tanggung jawab seorang penata rambut Dalam proses kerja, penata rambut membentuk basis klien. Agar seseorang ingin kembali, tuannya harus penuh perhatian, ramah, tepat waktu dan, tentu saja, melakukan pekerjaan dengan kualitas tinggi. Seperti dalam pekerjaan apa pun, seorang penata rambut memiliki deskripsi pekerjaan dengan tugasnya. Mari kita lihat poin utamanya. 

Tanggung jawab tukang cukur: 


Tentukan kondisi kulit kepala dan rambut, struktur, penampilan dengan tanda-tanda eksternal; Lakukan potongan rambut dan gaya rambut wanita dan pria; Mewarnai rambut, termasuk mampu melakukan pewarnaan kompleks: pewarnaan, highlight, ombre, toning; Menentukan kualitas bahan dan persiapan; Mampu bekerja dengan overlay dan wig; Ketahui tren mode; Menjaga kebersihan di tempat kerja. Terkadang klien datang yang tidak tahu apa yang mereka inginkan, dan master harus menyarankan gaya rambut yang sesuai dengan penampilan orang tersebut. Profesi penata rambut erat kaitannya dengan matematika. Potongan rambut adalah geometri, karena terdiri dari bidang, sudut, bentuk volumetrik dari lapisan rambut. Mewarnai adalah formula untuk memilih nada yang mendekati ideal dan keinginan klien.

Pro dan kontra menjadi penata rambut 


Memilih profesi dimulai dengan penilaian pro dan kontra. Agar profesi tidak hanya mendatangkan penghasilan, tetapi juga kesenangan, pelajari profesi masa depan dari sudut yang berbeda. Dengan begitu Anda akan tahu apakah itu tepat untuk Anda. 

Kelebihan menjadi penata rambut: 


Tuntutan. Rambut manusia tumbuh terus menerus. Semua orang ingin memakai gaya rambut yang indah, tanpa memandang jenis kelamin, usia dan status sosial. Salon baru sering dibuka baik di kelas ekonomi maupun di segmen premium. Jadwal yang fleksibel. Seorang penata rambut dapat bekerja tidak hanya di salon, tetapi juga di rumah atau pergi ke klien. Jadwal kerja disusun sedemikian rupa sehingga nyaman bagi klien dan master. Bertemu orang baru. Di kursi penata rambut setiap hari ada orang yang berbeda yang memulai percakapan. Komunikasi selama pemberian layanan sering kali mengalir menjadi kenalan dan persahabatan yang bermanfaat.


Kekurangan menjadi penata rambut: 


Bahaya bagi kesehatan disebabkan oleh bahan kimia yang digunakan oleh penata rambut saat mewarnai dan melambai. Master menghabiskan sebagian besar waktu kerjanya berdiri, dan ini menciptakan beban pada tulang belakang dan menyebabkan varises. Biaya tambahan untuk alat sangat menguras dompet, karena tidak murah, dan tidak mungkin bekerja tanpanya. Sangat sulit bagi pengrajin pemula ketika Anda perlu membeli banyak barang dan segera menginvestasikan lebih dari Jutaan Rupiah . Persaingan antar penata rambut. Untuk mengambil tempat di ceruk, Anda perlu membangun diri sendiri dan menciptakan basis pelanggan tetap.


Jenis penata rambut 


Profesi penata rambut dibagi menjadi spesialisasi. Mari kita lihat bagaimana mereka berbeda: Penata rambut universal  adalah jack of all trades, dia melakukan gaya rambut untuk semua orang, tanpa memandang jenis kelamin dan usia. Penata rambut  wanita - berspesialisasi dalam potongan rambut dan perawatan rambut wanita. Beberapa master menyelesaikan kursus tambahan untuk memperluas jangkauan layanan. Ini bisa berupa ekstensi rambut, laminasi, Botox. Tukang cukur  pria - memotong rambut pria dengan gunting dan gunting. Dia tahu cara menata cambang dan memangkas alisnya. Layanan meliputi pewarnaan dan perawatan rambut. Penata rambut anak-anak bekerja dengan sedikit gelisah dan remaja. Dia tidak hanya akan memangkas anak, tetapi juga mengalihkan perhatian selama potongan rambut sehingga bayi duduk dengan tenang. Penata rambut-pewarna  - akan membuat potongan rambut modis dan melakukan segala jenis pewarnaan modern. Dia tahu segalanya tentang pewarna dan sedikit lebih banyak lagi. Pewarna akan merekomendasikan perawatan rambut yang akan menjaga warna tetap cerah untuk waktu yang lama. Barber  - menawarkan berbagai layanan tata rambut untuk pria. Dia melakukan potong rambut, menata rambut, mewarnai rambut, membentuk janggut dan kumis, dengan mempertimbangkan proporsi anatomi wajah. Tukang cukur tahu cara mencukur dengan pisau cukur lurus. Sejumlah master melakukan ekstensi rambut. Barbershop memberikan prosedur perawatan kulit wajah dan memberikan rekomendasi dalam memilih kosmetik yang cocok untuk pria.


Alat penata rambut 


Dalam beberapa kasus, penataan rambut dilakukan dengan tangan, semuanya tergantung pada rambut klien dan hasil yang diinginkan. Potongan rambut pendek sangat pas tanpa sisir. Pada tahap memulai profesi, sulit untuk memperhitungkan semua yang Anda butuhkan, jadi tangkap daftar alat. 

sisir: 

Kuas penyikatan  adalah sikat bundar untuk mengeringkan rambut. Sisir ekor kuda  - tipis, dengan pegangan panjang dan gigi yang sering, nyaman untuk membagi rambut menjadi untaian. Sisir kerangka  - sikat datar atau melengkung dengan slot, saat mengeringkan, mengangkat untaian di akarnya. Sisir dengan gigi tebal dan jarang  - untuk rambut panjang atau rambut dengan struktur patah. Sisir peneduh  - untuk membuat transisi dari rambut pendek ke rambut panjang. Sisir pijat  - untuk memijat kulit kepala. 

Alat potong rambut:

 Gunting gunting . Gunting  penipisan - untuk menipiskan rambut dan membentuk potongan rambut bertingkat. Clipper  - untuk membuat bentuk ultra-pendek tidak lebih dari satu sentimeter. Pisau cukur yang menipis  - untuk mengurangi volume rambut kasar. 

Kosmetik perawatan: 

Sampo. Kondisioner  - membuat rambut lembut dan mudah diatur, diaplikasikan setelah keramas. Produk perawatan tambahan  - masker, serum, krim, kondisioner tanpa bilas. Penataan  - digunakan untuk penataan.


Alat Penata Rambut: 

Pengering rambut (dengan nozel berbeda) - untuk menata dan memberikan keindahan rambut. Curling iron (dengan nozel) - untuk membuat ikal dari berbagai bentuk. Besi  - untuk meluruskan rambut. Jepit rambut dan tidak terlihat  - membantu memperbaiki gaya rambut yang dibuat. Pita elastis untuk rambut  - perbaiki helai saat membuat gaya rambut. Pengeriting dengan berbagai ukuran dan bentuk digunakan untuk membuat ikal. Kumparan  adalah tongkat kecil dengan lubang di sisinya. Digunakan selama perm rambut. 

Alat mewarnai rambut:

Mangkuk dan kuas untuk cat  - untuk mengencerkan dan mengaplikasikan cat. Pewarna rambut  - digunakan untuk mewarnai dan menonjolkan rambut. Foil  - membantu menonjolkan atau mewarnai helaian rambut. 

Alat tambahan: 

Celemek  - melindungi pakaian master dari rambut, cat, dan kosmetik. Daster  - untuk melindungi klien dari rambut, cat, dan bahan kimia. Handuk  - untuk membasahi dan mengeringkan rambut setelah dicuci. Penyemprot (pulverizer)  - untuk melembabkan rambut saat potong rambut. Solusi disinfektan untuk instrumen dan wadahnya - untuk mendisinfeksi instrumen dan mencegah infeksi pada klien selama prosedur salon. Klip dan pakan  - untuk menjepit rambut yang menghalangi saat memotong atau menata rambut.


Munculnya penata rambut 


Prospek pertumbuhan seorang penata rambut dibagi, seperti dalam profesi lain, menjadi dua arah: horizontal dan vertikal. Jika Anda memilih yang pertama, maka Anda perlu terus meningkatkan keterampilan Anda. Tujuan Anda adalah tumbuh dari penata rambut generalis menjadi spesialis yang sangat terspesialisasi. Kursus, kelas master, dan kompetisi akan membantu Anda dalam pengembangan profesional Anda. Apakah Anda memilih jalur kedua dan ingin menjadi bos besar? Maka tujuan Anda adalah membuka jaringan salon kecantikan. Untuk mencapai standar yang ditetapkan, Anda perlu tumbuh baik sebagai penata rambut maupun sebagai manajer. Dalam proses pertumbuhan, Anda harus melalui serangkaian langkah: penata rambut, manajer penata rambut, direktur, pemilik salon kecantikan Anda sendiri, dan kemudian mengembangkan bisnis dan membuat jaringan.

Post a Comment

0 Comments